Senin, 01 April 2013

Suplemen Kesehatan Untuk Kegiatan Petualang

Fisik yang prima dan kesehatan yang bagus dibutuhkan dalam kegiatan petualangan seperti pendakian gunung, arung jeram serta aneka kegiatan petualangan di alam terbuka lainnya. Tetapi setiap orang memiliki potensi untuk bisa sakit. Maka sebisa mungkin kita mencegahnya agar sakit tidak menghalangi atau mengganggu kegiatan petualangan kita.
Berikut ini adalah obat - obatan dan bahan - bahan yang sebaiknya Anda bawa ketika berpetualang, mendaki gunung atau kegiatan outdoor lainnya.

1. Minyak Tanah.
Fungsi untuk mengatasi udara dingin dan pegal serta lelah. Dioleskan ke ujung - ujung bagian tubuh. Pakailah minyak tanah yang telah dipanaskan. Atau bisa juga dioles sambil dipanaskan di dekat api / bara. Bisa juga diminum beberapa tetes.

Minyak tanah harus dimurnikan dengan suhu 100 -140 derajat, baru bisa diminum. Minyak tanah tidak seperti balsem yang akan membuat kulit terasa dingin jika terkena air atau udara luar. Apabila jatuh kemudian terluka atau memar, minyak tanah sangat bagus untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Madu Murni
Madu merupakan sumber energi yang bagus untuk kesehatan dan stamina, bisa cepat memulihkan suhu tubuh terutama suhu ekstrim di pegunungan. Bisa diminum langsung, dicampur dengan teh, kopi, susu, atau langsung dioles ke roti. Terasa nikmat sekali menjemput sunrise di puncak gunung sambil minum teh campur madu.

3. Gula Aren / Gula Merah / Gula Kelapa / Gula Jawa
Selain madu, gula kelapa atau biasa orang menyebut Gula Jawa, sangat cepat untuk memulihkan stamina. Bisa dimakan langsung atau dibuat minuman.

4. Jelly / Agar - Agar / Nata
Agar - agar / nata sangat bagus untuk pencernaan. Ketika dalam kegiatan outdoor seperti melakukan pendakian gunung, seringkali kita makan tidak teratur dengan kadar serat yang rendah karena terlalu sering makan mie, hal ini harus diimbangi dengan makanan berserat, salah satunya agar - agar.

5. Garam Dapur
Selain  berfungsi untuk pengaman dari binatang pengganggu ( ular, serangga berbisa dll ), garam juga sangat baik untuk memperlancar peredaran darah. Masak air dengan garam, kemudian rendam kaki atau tangan ke dalam air garam.

6. Sayur Dan Buah - Buahan 
Bawa buah dan sayur yang tidak mudah layu serta enak dibawa, seperti kol dan wortel. Bisa juga membawa sayuran kaleng, namun tidak sarankan. Untuk buah, kita bisa membawa kelengkeng dan pear. Kedua buah tersebut banyak mengandung air dan awet.

Semua kebutuhan di atas selain mudah dan ringan dibawa, bahan - bahan diatas merupakan barang kebutuhan dapur sehari - hari.